Melakukan Peminjaman Dana Usaha

Saat memutuskan untuk membangun usaha sendiri, yang pertama kali terpikir adalah apakah Anda memiliki modal usaha yang cukup? Modal memang faktor yang paling penting dalam membuka usaha sendiri. Pinjaman Dana Tunai Mudah Tanpa modal, sepertinya sebuah rencana usaha akan tinggal mimpi dan sulit untuk tercapai.

Besar atau tidaknya modal tergantung jenis usaha yang akan dibangun.  Bila usaha yang akan dimulai adalah toko kelontong misalnya, maka modalnya akan lebih besar dari pada bila Anda membangun sebuah usaha jual beli pulsa.  Begitu juga modal usaha katering akan lebih mahal dibanding modal usaha membuat penerbitan yang saat ini bisa mengunakan digital.

Modal merupakan salah satu pilar bisnis yang sangat penting. Meskipun bukan syarat mutlak keberhasilan dalam bisnis, namun setidaknya kekuatan permodalan dapat mendongkrak keberhasilan atau mempermudah jalan dalam mendapatkan kesuksesan di bidang bisnis atau usaha kecil menengah.

Pada era sekarang, modal memang masih menjadi salah satu kendala yang acap kali menjadi hambatan bagi para pemula maupun pelaku bisnis rumahan maupun usaha sampingan untuk memulai usaha rumahan atau memperbesar skala usaha. Namun demikian, dengan dicabutnya BBM subsidi memberi dampak positif bagi usaha di Indonesia karena membawa angin segar bagi permodalan seperti pinjaman lunak KUR, PNPM Mandiri serta program hibah bantuan dari pemerintah.

Bagi anda yang ingin memulai usaha rumahan atau bisnis sampingan atau ingin memperbesar skala usaha, namun terkendala permasalahan modal mungkin artikel Pinjaman Dana Tunai dapat membantu anda dalam memacahkan masalah permodalan anda diantaranya :

1. Pinjaman Bank
Pinjaman jenis ini telah lama dan paling konvensial dilakukan oleh para pelaku usaha. Pinjaman Bank yang biasanya paling diincar karena bunganya yang kecil adalah KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Bank BRI merupakan bank yang paling banyak menyediakan pinjaman jenis ini dan berikut ini syarat dalam mendapatkan KUR :

1. Usaha telah berjalan minimal 6 bulan
2. Berusia minimal 21 tahun
3. Mengajukan syurat permohonan seperti

KTP
KK
Surat Keterangan Usaha dari pemerintah desa setempat
Jaminan ( lihat sumber komite KUR )

Untuk jaminan dapat berupa usaha kita sendiri atau barang lain yang senilai dengan Pinjaman Dana Gadai BPKB. Jika anda ingin mendapatkan modal usaha yang kecil bunganya. Saya sanat menyarankan untuk meminjam dari KUR daripada PNPM mandiri karena PNPM mandiri meskipun syarat lebih mudah namun dengan jumlah kecil dan harus berkelompok dengan bunga 1,5 % perbulan dengan jangka waktu 10 bulan.
2. Melakukan Bagi hasil
Selain cara dengan meminjam dari Bank maupun PNPM atau program pinjaman lain, anda juga bisa mendapatkan bantuan modal usaha dari bentuk kerja sama dengan pihak lain dengan sistem bagi hasil. Adapun pembagiannya bisa anda lakukan sesuai kesepakatan. Jika anda kesulitan dalam mencari orang yang mau melakukan bagi hasil anda dapat mencari bank yang telah menerapkan program perbankan syariah dengan sistem modarobah.

3. Melakukan Sistem Investasi atau Jual Saham
Ketika anda telah memiliki usaha yang mapan, anda bisa menjual saham atau kepemilikian usaha bersama atau anda bisa menawarkan program investasi dana tunai tetap dengan keuntungan yang bisa anda tetapkan. Namun, dalam praktiknya, anda harus teliti menentukan berapa persen jumlah yang harus anda setorkan pada investor anda. Berbeda dengan sistem bagi hasil, sistem investasi yang saya maksud disini adalah investor mendapatkan keuntungan tetap beberapa persen setiap bulan. Sementara untuk bagi hasil, hasil dapat berubah – ubah sesuai dari pendapatan usaha yang di jalankan.

4. Program hibah pemerintah
Jika anda sudah bingung karena pinjaman anda di tolak, anda bisa mengajukan permohonan  bantuan hibah yang bisa anda ajukan ke pemerintah baik pusat, provinsi maupun kabupaten. Biasanya pengajuan ini dilakukan atas nama kelompok usaha yang terdiri dari beberapa orang. Saya sendiri sering mengajuka bantuan jenis ini dan memang benar Рbenar membantu. Dan lagi menurut sumber dari pemerintahan, banyak dana bantuan sosial yang dikembalikan ke pemerintah karena minimnya pengajuan.

Agar lebih mudah dalam mendapatkan modal jenis ini, anda harus kenal dengan orang yang memang berkecimpung di bidang ini. Perluas jaringan agar anda bsia mendapatkan informasi terlebih jika anda memiliki orang dalam di pemerintahan, hal ini akan memuluskan jalan anda mendapatkan modal dari pemerintah.

Silahkan anda baca artikel Apa Yang Di Maksud Dengan Pinjaman Dana yang semoga dapat bermanfaat untuk anda. Dapatkan informasi seputar usaha baik mencari modal, ide bisnis maupaun pemasaran di blog ini. So, jadilah pembaca berlangganan di blog ini. Terima kasih atas kunjungan anda.

Related posts:

This entry was posted in pinjaman and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *